Cara Membuat Proxy Server Gratisan Internet dengan Google App Engine


proxy.jpg


Assalamualaiku wr. wb

Sesuai janji ku, akhirnya postingan ini keluar juga...
Web Proxy yang akan kita bangun ini akan sangat berguna untuk teman-teman sobat atau bahkan untuk penggunaan pribadi sobat sendiri (direkomendasikan buat pribadi ajah) misalnya untuk mengakses situs yang diblokir dari kantor atau sekolah, antara google dan jajaran sosial dan juga web2 kecuali yang di tentukan. baek pun untuk trik gratisan internet. Ini dibuat menggunakan Google App Engine Dan aplikasi Phyton proses ini cukup sederhana.



Disini kita akan mengulas cara pembuatannya dengan bahan gratisan atau bisa di bilang kita menggunakan domain dan hosting gratisan dari google itu sendiri.

Langsung saja untuk Proses Cara Membangun Web Proxy Server Secara Gratis
  1. Buka ini aneka-remaja.gif appengine.google.com dan sign-in dengan menggunakan Akun Google sobat. jika belum punya, silahkan membuat akun e-mail google dulu
    untuk membuat sebuah domain dan hostingnya secara gratis dari google.
  2. Klik Buat Permohonan. Karena ini adalah pertama kalinya sobat. Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS ke nomor ponsel sobat, Ketik kode yang di kirim google dan sobat siap untuk membuat aplikasi dengan Google App Engine.
  3. Pilih * sub-domain yang akan menjadi Domain Proxy Server sobat. Pastikan domain tersedia, setuju dengan Persyaratan dan klik simpan. Sub-domain juga App ID sobat yang unik akan mengidentifikasi aplikasi proxy sobat.
capture-20120804-110844.jpg
     4.Untuk contoh ini, kita akan menggunakan server teman aku sebagai ID App. sobat harus membuatnya bebas memilih nama unik lainnya.


kenapa aku tidak menggunakan server ku sendiri? jika server ku, aku sebutkan di sini, takutnya ada yang menggunakan server ku dengan trik Cgi Proxy. karna server sendiri, jelas bersifat pribadi, maka kecepatan sangan aku butuhkan,, jika sudah 2 member atau lebih, maka kecepatan server ku akan berkurang! apalagi semua member sedang On dan mendownload? mudah mudahhan bisa di pahami ya..



     5.Baiklah, sekarang kita telah memesan dan mempunyai ID, saatnya untuk membuat dan meng-upload aplikasi Proxy Server ke Google App Engine. Pergi ke aneka-remaja.gif download MSI Installer 2.6.4 dan menginstal Python. sesuaikan dengan jenis type PC sobat
   6.
Setelah Python terinstal, pergi ke aneka-remaja.gif download SDK Google App Engine untuk Python dan menginstalnya. ingat! pilih yang for paython.
     7. Download File proxy.zip di aneka-remaja.gif buat folder proxy
dulu di Directory C:\  dan ekstrak file proxy.zip ke folder proxy.
isi file proxy.zip, berisi beberapa file teks (yang ditulis dalam HTML dan Python) yang dapat sobat baca dengan notepad.
     8. Sekarang kita akan mulai setting untuk membangun sebuah proxy server, jika kalian sudah membuat ID aplikasi pada tahap 1, dan menginstal ke2 aplikasi di atas, dan jangan lupa file proxy tadi di ektrack ke directory C:\proxy!!!
     9. Setingan Awal di mulai dari membuka Google App Engine Louncher yg sudah terintsall ada di desktop shourcut nya
dan selanjutnya Klik Edit lalu Preference. capture-20120804-115417.jpgSilahkan Setting Dengan Directory sesuai dengan tempatnya yang ada di gambar atas yang aku lingkari 1/1 klik untuk memperbesar
  • Phyton Path : Select / Browse aplikasi Phyton yang sudah di Install tadi
  • App Engine SDK : Select / Browse aplikasi Aplikasi Google SDK yg sudah di intsallEditor : Select/Browser Aplikasi
  • Editor dalam tutorial ini aku menggunakan Notepad yg sudah ada bawaan WIndows itu sendiri (ikuti saja letaknya pada gambar yang aku lingkarin di atas)
      10. Selanjutnya Klik File lalu Add Existing Aplication
Nah disini Sobat harus menambahkan Proxy yang sudah di ektrck tadi yaitu di C:\proxy (foldernya langsung di pilih)
capture-20120804-104943.jpg

     11. Selanjutnya Kita Meng Edit file proxy tadi dengan cara Klik Your App ID dan klik tombol edit, dan akan muncul Notepad yang berisikan script settingan, namun disana belum di input ID aplikasi
Silahkan Input ID aplikasi sobat yg telah di buat pada tahap 3 di atas.

capture-20120804-105345.jpg
Jangan Lupa Klik File lalu Save pada Notepad di atas, JIka sudah di save silahkan Close Notepadnya

     12. Pada Sesi atau tahap terakhir adalah Mengkoneksikan Aplikasi di komputer kita dengan ID aplikasi tadi, guna untuk menginstall dan mengupload file ke Google hosting yg kita buat.
Caranya KLik Tombol Deploy Dan masukan USer Gmail sobat beserta Paswordnya untuk login dalam mengupload dan menginstallnya.

capture-20120804-105546.jpg
Dan Tunggu sampai nanti ada bacaan Close this window, sampai disini proses pembangunan Proxy Server Selesai Dan Kita Bisa Menggunakanya dengan memanggil Alamat Proxy teman aku sesuai tutorial ini: http://davitblog.appspot.com
capture-20120804-121622.jpg

dan yang ini server ku yang udah ku otak atik menjadi lebih keren dan ada iklannya juga, tapi nama server bukan blog ini lagi sekarang, dan itu pribadimrgreen
cats.jpg

dan di sini aku jelaskan kenapa harus pribadi, nanti aku di sangka pelit, kalau pun pelit, ga mungkin dong aku kasih caranya buat server gratisan?
lihat gambar di bawah ini
capture-20120804-105722.jpg
di sini kecepatan internet modem ku 7,2MBps, berarti 1 detik 7MB sekali upload.
memang luar biasa kecepatannya... tapi kalau server tempat ngabuburit ku cuma 1 member, yaitu aku sendiri. bagai mana jika 2, 5 atau 10?
pasti sobat sudah bisa bayangkan betapa leletnya internetan ketika itu bila seperti demikian..... makanya dari itu, di sini aku rekomendasikan buat saja untuk pribadi, jika ingin di share ke blog masing masing, lemak buat lagi kita orang!!! ya tak sob?

dari cerita ku di atas, itu sudah selesai sob, tutorial cara membuat server gratis nya...
jadi jika sobat mengalami kesulitan, andak pertanya'an sobat ke kotak komentar, insya allah aku bales....
dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua
dan akhir kata...

Wassalamualaikum wr. wb

0 comments:

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
close
iklan 120 x 600 kanan
close