Mencatat Subject Email pada Log Email Zimbra

Berkas log sangat berguna untuk proses pemecahan masalah seputar email. Misalnya untuk mengetahui apakah email dari pengirim sudah sampai ke mailbox yang dituju. Tutorial ini akan menjelaskan secara singkat bagaimana agar Subject dari email juga ikut dicatat dalam berkas log zimbra.


Mengkonfigurasi Zimbra

Pertama buat direktori /etc/postfix untuk menyimpan berkas konfigurasi.
sudo mkdir /etc/postfix
Buat berkas baru /etc/postfix/header_checks, isinya
/^subject:/      WARN
Kita set local variabel di zimbra untuk bagian postfix_header_checks. Pastikan Anda menjalankannya sebagai user zimbra.
su - zimbra
zmlocalconfig -e postfix_header_checks="pcre:/opt/zimbra/conf/postfix_header_checks,regexp:/etc/postfix/header_checks"
Setelah itu jalankan perintah berikut, untuk restart mta zimbra. Pastikan Anda menjalankannya sebagai user zimbra.
su - zimbra
zmmtactl restart

Cek dan Ricek

Periksa berkas /opt/zimbra/postfix/conf/main.cf, pastikan ada baris seperti ini.
header_checks = pcre:/opt/zimbra/conf/postfix_header_checks,regexp:/etc/postfix/header_checks
Langkah selanjutnya, cek log email. Periksa berkas /var/log/mail.log, seharusnya untuk email yang masuk, subjectnya akan dicatat pada berkas log.
grep "warning: header Subject:" /var/log/mail.log
 

0 comments:

Post a Comment

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]
close
iklan 120 x 600 kanan
close